Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Antara Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Lolu
Nama: AKNADIA SANE
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Aknadia.sane, 2022. Hubungan Antara Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di SD Inpres 3 Lolu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing; Abdul Rahman S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Lolu. Subyek peneliti yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 orang siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, analisis data penelitian dengan teknik persentase, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penggunaan fasilitas belajar di SD Inpres 3 Lolu diperoleh jumlah skor 1.380 dari 19 siswa, sehingga hasil persentasenya 72,63?ngan klasifikasi tinggi. Hasil analisis prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Lolu diperoleh jumlah skor 1.479 dari 19 siswa, sehingga persentasenya 77,84?ngan klasifikasi baik. Dari hasil pengujian analisis inferensial dengan menggunakan rumus korelasi product moment pada taraf kepercayaan 95% diperoleh rhitung = 0,751. Selanjutnya rtabel dikonsultasikan pada tabel nilai r diperoleh 0,456, Dengan demikian hipotesis (r hitung) > (r tabel) atau 0,751 > 0,456. Dan korelasi product moment pada penelitian ini tergolong kuat (0,61-0,79). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Lolu. Kata kunci : Fasilitas belajar, Prestasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up