JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN PADALAA |
Nama: MAGFIRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Magfira (2022), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Padalaa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekkolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N Kaharu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Padalaa. Masalah dari penenlitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa dalam satu kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman dengan desain pre-eksperimental design menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan (observasi), tes (pretest dan posttest), wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai yang lebih tinggi dengan nilai rata 71 dari pada sebelum diberikan perlakuan dengan nilai rata-rata yaitu 51. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2,52 dan Ztabel sebesar 8 pada taraf signifikan 5% (0,05). Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan peerlakuan. Oleh karena itu, hasil belajar, dengan Hipotesis H0 ditolak H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Padalaa pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan. Kata kunci: Model Inkuiri, hasil belajar, IPS |