JudulHubungan Intensitas Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Sirenja |
Nama: ALMAIDA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Intensitas Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Sirenja. Penelitian ini menggunakan metode survei yang jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kuantitatif berupa kuesioner (angket). Yang hasilnya diolah dengan bantuan Microsoft Exel. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Sampel penelitian adalah kelas IV sebanyak 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan Survei Hubungan Intensitas Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Sirenja bahwa 5 siswa atau 22.72% siswa yang berpendapat perhatian orang tua yang tergolong sangat tinggi, 17 siswa atau 72.27% siswa yang berpendapat perhatian orang tua yang tergolong tinggi, 0 siswa atau 0% siswa yang berpendapat perhatian orang tua yang tergolong cukup, rendah, dan sangat rendah. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa terdapat 0 siswa atau 0% siswa yang memiliki prestasi belajar sangat baik,21 siswa atau 94.54% siswa yang memiliki prestasi belajar baik, 1 siswa atau 4.54% siswa yang memiliki prestasi belajar cukup, 0 siswa 0% siswa yang memiliki prestasi belajar rendah dan sangat rendah. Dari hasil pengujian analisis inferensial dengan menggunakan rumus korelasi maka ada hubungan intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN 10 Sirenja. Kata kunci : Perhatian orang tua, prestasi belajar |