JudulANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SDN TORIRE MELALUI PEMBELAJARAN MUSIK BAMBU |
Nama: LAORENSIA R. SOSANG |
Tahun: 2023 |
Abstrak Analisis Pembentukan Karakter Siswa SDN Torire Melalui Pembelajaran Musik Bambu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yun Ratna Lagandesa. Tujuan yang akan di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembentukan Karakter Siswa SDN Torire Melalui Pembelajaran Musik Bambu. Jenis penelitian yang di lakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif Kualitatif di tujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada mengenai pembentukan karakter siswa melalui musik bambu. Pembelajaran seni musik khususnya musik bambu di berikan di sekolah dasar karna keunikannya yang tidak dapat di emban mata pelajaran lain. Pembelajaran seni musik di sekolah, khususnya sekolah dasar memerlukan penyelenggaraan pembentukan karakter melalui musik agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Waktu pelaksanaan penelitian ini berlangsung pada tahun ajaran 2021/2022. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Torire yang berjumlah 6 orang siswa. Metode pengumpulan data yang di lakukan dengan menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 6 siswa, Pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran musik bambu telah berjalan dengan baik. Hal di perkuat dengan hasil penelitian yang telah di lakukan, di mana rata-rata siswa telah memberikan tanggapan atau jawaban yaitu setiap siswa memilih alternative setuju. Artinya setiap pembelajaraan seni musik berlangsung pembentukan karakter siswa juga dapat terbentuk melalui pembelajaran musik bambu. |