JudulPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBdP DI KELAS III SD GPID PALU |
Nama: NUNIK HARIYATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nunik Hariyati, 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SBdP di Kelas III SD GPID Palu, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, dibimbing Oleh Yun Ratna Lagandesa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP di Kelas III SD GPID Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD GPID Palu yang berjumlah 21 orang siswa. Dalam penelitian ini digunakan model Pre-Experimental Design. Design penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil pre-test, post-test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui rata-rata pre-test 57,14 dan rata-rata post-test 84,76, dengan selisish nilai rata-rata hasil belajar sebesar 27,62. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau thitung > ttabel adapun thitungnya adalah 10,379 sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5%, d.b (N-1) = 21-1 = 20 adalah 1,724. Sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran SBdP di Kelas III SD GPID Palu. Kata Kunci : Media Pembelajaran (media video), Hasil Belajar, SBdP. |