JudulPeran Guru Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Luring Kelas V SDN Balane Sigi |
Nama: FEBRI EVITASARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Febri Evitasari (2025)."Peran Guru Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Luring di Kelas V SDN Balane Kabupaten Sigi." Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran luring di kelas V SDN Balane, Kabupaten Sigi. Motivasi belajar merupakan aspek penting yang menentukan keberhasilan siswa dalam memahami materi pelajaran. Dalam situasi pembelajaran luring, tantangan seperti keterbatasan interaksi langsung dan pengawasan menjadi hambatan yang dapat menurunkan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, peran guru menjadi sangat krusial dalam menciptakan pembelajaran yang tetap efektif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Balane. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan aktif sebagai motivator, fasilitator, sekaligus pengarah dalam proses pembelajaran luring. Strategi yang digunakan antara lain pendekatan personal terhadap siswa, pemberian motivasi verbal, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, serta penciptaan suasana belajar yang kondusif meskipun dalam keterbatasan media. Namun penelitian ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran luring, khususnya di kelas V SDN Balane Kata kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Luring |