JudulANALISIS PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN 25 PALU |
Nama: ARMIATI SAFITRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Abstrak Armiati safitri, (2022). Analisis peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 25 Palu, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr Zulnuraini S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam memotivasi belajar siswa di kelas V SDN 25 Palu. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan tugasnya sebagai motivator dalam kelas guru memotivasi siswa dalam kelas dengan cara yaitu :1). Menyampaikan tujuan pembelajaran, 2) menciptakan minat siswa, 3) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, 4) menggunakan metode belajar yang bervariasi 5) memberikan pujian atas keberhasilan siswa, 6) memberikan penilaian, 7) menciptakan persaingan dan kerja sama. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai motivasi dalam kelas sangat penting. Kata Kunci : Motivasi, Peran Guru, IPS |