Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MASEWE
Nama: RIA OLIVIA
Tahun: 2022
Abstrak
Ria Olivia Mangaku, 2022 Hubungan Antara Kreativitas Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Masewe. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kreativitas guru dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Masewe. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hubungan antara kreativitas guru dengan prestasi belajar pada siswa kelas IV SDN Masewe. Jenis penelitian adalah yang dilakukan yaitu kualitatif dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 33 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Masewe yang terdiri dari 15 siswa diantaranya 9 laki – laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi, serta wawancara. Analisis data untuk mendeskripsikan digunakan teknik analisis deskriptif dengan rumus: = ???? ????100. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari 15 ???? siswa yang menjadi responden yang menyatakan kriteria kreativitas guru sangat baik sebanyak 6 responden atau 40 % sedangkan yang menyatakan kriteria kreativitas guru baik sebanyak 9 responden atau 60 %. Dari uraian tersebut, dapat di simpulkan bahwa kreativitas guru sudah menunjukkan kriteria baik, terbukti dari keterangan yang diperoleh dari hasil pengisian angket. Jadi itu sudah dapat membuktikan bahwa guru kelas IV SDN MASEWE telah memahami dan menerapkan 6 point kriteria kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Adapun terkait dari pilihan alternatif jawaban berdasarkan angket dan secara keseluruhan siswa tidak merata dalam memilih alternatif jawaban, karena itu merupakan faktor-faktor dari siswa itu sendiri. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa kelas IV SDN MASEWE dapat dilihat dari nilai lapor. Dimana nilai lapor dari jumlah 24 populasi yang diambil menjadi sampel 15 responden itu, menunjukkan hasil peningkatan nilai rata- rata terendah mulai dari 64,4 sampai dengan nilai rata – rata tertinggi 79,7. Dari uraian di atas dapat dikatakan guru telah memenuhi kriteria kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Kreativitas Guru, Prestasi belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up