JudulAnalisis Tingkat Miskonsepsi Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SDN Bamba Apu |
Nama: MARWIARIFAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Marwiarifah, 2022. Analisis Tingkat Miskonsepsi Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Di SDN Bamba Apu. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yusdin Bin M. Gagaramusu, Lc., M. Ed Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan CRI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bamba Apu. Responden yang digunakan ialah 15 orang. Instrumen yang digunakan ialah 20 nomor pilihan ganda disertai CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan subjek penelitian dalam menjawab soal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 33%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi pada mata pelajaran IPA masih tergolong sedang. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan guru dapat memperhatikan lagi tingkat pemehaman siswa dalam mempelajari materi yang diajarkan sehingga siswa tidak mengalami miskonsepsi. Kata Kunci: Miskonsepsi, CRI, Mata Pelajaran IPA |