Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Penerapan Model Pembelajaran Pakem Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas V SD Negeri Tondo
Nama: AFNI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Afni 2022. Analisis Penerapan Model Pembelajaran PAKEM Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas V SD Negeri Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Rizal,S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran SBdP siswa kelas V SD Negeri Tondo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Menggunakan sampel 1 guru dan 20 siswa kelas V di SD Negeri Tondo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian, SD Negeri Tondo, dalam pembelajaran SBdP guru sudah optimal dalam menerapkan pembelajaran PAKEM. hal ini disebabkan ketika pembelajaran guru selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil di depan kelas untuk menyajikan, mengemukakan dan melakukan sesuatu, siswa aktif dalam pembelajaran, guru memanfaatkan/melibatkan siswa untuk beraktifitas di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar selain buku. Selain itu, siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya jawab dan mengemukakan pendapatnya, serta guru terampil, inovatif, kreatif dan produktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Analisis; Model Pembelajaran PAKEM; Mata Pelajaran SBdP.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up