JudulEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD KRISTEN BALA KESELAMATAN PALU |
Nama: SITI WARFINIANTY |
Tahun: 2022 |
Abstrak Siti Warfinianty, 2021. Efektifitas Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual materi perkalian bilangan bulat terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu yang berjumlah 32 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 16 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 16 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan angket, dan analisis data menggunakan uji independent T test dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas berbantuan SPSS statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,002 < 0,05 maka hipotesis H0 di tolak dan Ha diterima, artinya modul pembelajaran berbasis kontekstual materi perkalian bilangan bulat efektif di gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu. Kata Kunci: Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual, Materi Perkalian Bilangan Bulat, Motivasi Belajar Siswa. |