Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJARA IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI TONDO
Nama: AINURRAHMI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ainurrahmi, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tondo. Model Project Based Learning (PjBL) ini terdiri dari enam langkah, yaitu 1) Penentuan proyek, 2) Menyusun perencanaan proyek, 3) Menyusun jadwal proyek, 4) Memonitoring pembuatan proyek, 5) Presentasi hasil proyek, 6) Evaluasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Tondo yang berjumlah 14 orang. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru, kreativitas siswa dan analisis data tes hasil belajar. Pelaksanaan tes awal diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 14,29%. Pada siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 57,14?n 85,715%. Hasil aktivitas siswa siklus I dan siklus II sebesar 78,94?n 80,25%. Hasil aktivitas guru siklus I dan siklus II sebesar 78,75?n 93,75%, sedangkan untuk kreativitas siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 51,92?n 75,14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa pada kelas IV materi selalu berhemat energi di SD Negeri Tondo. Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Kreativitas Siswa, Mata Pelajaran IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up