JudulPENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN BERBANTUAN KARTU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALU |
Nama: ELISABET BETRICE VIANI MOKOPE |
Tahun: 2022 |
Abstrak Elisabet Betrice Viani Mokope, 2022. Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Manusia Dan Lingkungan Berbantuan Kartu Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 PALU. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yusdin Bin.M Gagaramusu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Make a Match berbantuan kartu pada pembelajaran IPA materi manusia dan lingkungan kelas V SD Negeri 1 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 PALU sebanyak 25 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasakan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 PALU. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 48%, pada siklus I sebesar 76?n pada siklus II sebesar 92%, terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar sebesar 44% selah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Make a Match, Kartu, Mata Pelajaran IPA |