JudulANALISIS PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SDN INTI OLAYA |
Nama: NURUL ATIRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Atira 2021. Analisis Peningkatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring Dikelas IV SDN Inti Olaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Bapak Rizal S.Ag M.Pd Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran Daring di kelas IV SDN Inti Olaya dengan jumlah responden 10 orang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian untuk membuat pencitraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembagian angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring pada hasil olahan angket (1) Religious yaitu sikap dan patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama-agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. (2) Disiplin yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh terhadap berbagai ketentuan dan peraturan. (3) Kreatif yakni berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. (4) Tanggung jawab yaitu sikap dan perilaku seorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya dia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), Negara dan Tuhan yang Maha Esa. Kata Kunci : Analisis, Pendikan Karkter Dalam Pembelajaran Daring |