JudulIMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD INPRES KAPIROE |
Nama: DISSA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Dissa, 2022. Implementasi Kompetensi Sosial Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Inpres Kapiroe. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kompetensi Sosial Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Inpres Kapiroe. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI di SD Inpres Kapiroe yang berjumlah 41 orang. Untuk mendapatkan data kualitatif, maka digunakan beberapa teknik pengumpulan data kualitatif, antara lain: pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa keterampilan guru berkomunikasi dengansiswa, diperoleh rata-rata angket sebesar 48,78% siswa menjawab selalu, 17,48% siswa menjawab sering, 10,16% siswa menjawab kadang-kadang, dan 7,32% siswa menjawab hampir tidak pernah dan 15,45% siswa menjawab tidak pernah. Guru memiliki rasa empati/simpati terhadap siswa. Pentingnya Kompetensi Sosial yang dimiliki oleh guru, guru harus mampu memperlihatkan kemampuan berkomunikasinya dengan baik dalam mengemban tugasnya. Kompetensi sosial dibutuhkan guru dalam melakukan komunikasi dengan guru, siswa, sesama guru maupun dengan orang tua siswa. Dalam pembelajaran dimasa pandemi sekarang, pentingnya kompetensi sosial adalah untuk mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang dilakukan dengan orang tua siswa maupun dengan siswa. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi sosial guru dalam berkomunikasi masuk dalam kategori yang baik. Kata Kunci: Inovasi Guru, Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19. |