JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN INPRES 2 TALISE |
Nama: NURWALA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK NURWALA (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPS Kelas V di SDN Inpres 2 Talise. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag.,M.Pd. Permasalahan dalam Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode Problem Solving dalam pembelajaran IPS Kelas V di SDN Inpres 2 Talise. dan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Inpres 2 Talise tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Djamarah dan Zain (2006: 92) sebagai berikut : (1) Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan. (2) Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. (3)Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut. (4)Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut. (5) Menarik kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif dengan mencari nilai rerata, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan model alur. Dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I dab siklus II. Hasil pada siklus I didapatkan 76,19% sedangkan pada siklus II 95,23%. Kata kunci: Peningkatan hasil belajar melalui metode Problem Solving dalam pembelajaran IPS kelas V. |