JudulANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SBdP DI KELAS V SD INPRES 6 LOLU |
Nama: RAHMAN A. MADENG |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rahman A. Madeng, 2022. Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran SBdP Di Kelas V SD Inpres 6 Lolu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam pembelajaran SBdP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskrpitif kualitatif, Tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Tanpa mengetahui teknik pengumpulan data, maka peneliti tidak akan mendapatkan data yang memenuhi standar data yang ditetapkan, agar tidak terjadi kesalahan atau kerancuan didalam penyususnan hasil penelitian ini. Analisis data kualitatif merupakan upaya yang berlanjut, berulang dan menerus. Masalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan rangkaian kegiatan analisis yang saling susul menyusul. Hasil penelitian ini merujuk pada Peran Guru Dalam Pembelajaran SBdP di kelas V SD Inpres 6 Lolu dapat disimpulkan kurang maksimal atau belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini berdasarkan hasil angket dari total 10 responden siswa (4 siswa laki-laki & 6 siswa perempuan) yang dapat dilihat dari persentase jawaban „„Selalu?? sebesar 40%, menjawab “Sering” 22,63%, menjawab “Kadang- Kadang” 20%, dan menjawab “Tidak Pernah” sebesar 17,36%. Maka berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan dari berbagai alternatif indikator yang ada, Responden lebih banyak memilih jawaban “Selalu” dan yang paling sedikit menjawab “Tidak Pernah”. Artinya Peran Guru Dalam Pembelajaran SBdP di kelas V SD Inpres 6 Lolu sudah berjalan dengan baik seperti yang diharapkan. Kata Kunci: Analisis Peran Guru, Pembelajaran SBdP |