Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP OPERASI HITUNG PECAHAN BERDASARKAN TEORY POLYA KELAS V SD INPRES 2 PARANGGI
Nama: NURAENI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Nuraeni, 2022. Analsisi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Terhadap Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Teori Polya Kelas V SD Inpres 2 Paranggi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Akina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya hasil belajar berdasarkan teori Polya di SD Inpres 2 Paranggi dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan pecahan campuran dan penjumlahan pecahan biasa. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang ditemukan oleh Polya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rendahnya hasil belajar berdasarkan teori Polya yaitu (1) Memahami Masalah, siswa tidak menuliskan yang diketahui dan ditanya pada soal. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh sebagaian siswa mengatakan tidak terbiasa mengerjakan soal cerita menggunakan langkah-langkah Polya dan sebagaian juga siswa lupa menuliskan yang diketahui dan ditanya pada soal. (2) Merencanakan Penyelesaian, siswa masih salah dalam merubah pecahan campuran kebntuk pecahan biasa. Berdasarkan wawancara yang diperoleh bahwa sebagaian siswa kurang paham dan lupa cara mengubah pecahan campuran kebentuk pecahan biasa. (3) Menyelesaikan Perencanaan, siswa masih melakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan dan tidak dapat menyelesaikan langkah penyelesaian dengan lengkap. Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh bahwa sebagaian siswa tidak paham menyelesaian soal cerita penjumalahan pecahan dan masih keliru dalam menyamakan penyebut siswa beranggapan bahwa untuk menyamakan penyebut yang berbeda dengan cara menjumlahkan penyebutnya. (4) Memeriksa Kembali, siswa tidak menuliskan kembali hasil penyelesaian yang diperoleh. Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh sebagaian siswa mengatakan sudah terbiasa tidak menuliskan kesimpulan akhir pada jawaban dan sebagaian siswa lupa untuk menuliskan kesimpulan akhir pada jawaban. Kata Kunci : Analsiis rendahnya hasil belajar, Penjumlahan pecahan, la

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up