JudulANALISIS KESALAHAN KONSEP FAKTA PRINSIP DAN KETERAMPILAN BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGURANGAN PECAHAN CAMPURAN DENGAN PECAHAN CAMPURAN DAN BILANGAN ASLI DENGAN PECAHAN BIASA DI KELAS V SDN 5 PALU |
Nama: RAHMIWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTAK Rahmiwati 2021 Kemampuan berpikir dalam pembelajaran matematika sangat penting dan dibutuhkan untuk memecahkan masalah, sehingga kemampuan tersebut perlu diperhatikan. Dalam penelitian ini membahas kesalahan siswa dalam menjawab soal pengurangan pecahan campuran dengan campuran dan pengurangan bilangan asli dengan pecahan biasa berdasarkan kemampuan berpikir menggunakan Prosedur Polya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan kemampuan berpikir. Subjek dipilih berdasarkan tingkat kemampuan berpikir tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes tertulis, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah analisis keslahan konsep, fakta, prinsip dan keterampilan berdasarkan langkah Polya yang meliputi memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara, diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi melakukan 2 kesalahan yaitu kesalahan konsep dan kesalahan prinsip, siswa dengan kemampuan berpikir tingkat sedang dan rendah melakukan 4 kesalahan yaitu kesalahan konsep, fakta, prinsip dan keterampilan. Kata Kunci : Analisis kesalahan, Pengurangan pecahan, langkah Polya |