JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS V SD INPRES 2 MEPANGA |
Nama: MA'RIFATUL KHASANAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ma’rifatul Khasanah. A40118276, (2022). Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembeljaaran PKN Menggunakan Metode Diskusi Dikelas V SD Inpres 2 Mepanga. Skripsi, program studi Pendidikan Guru sekolah dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr.Nashrullah, S.Pd.I., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Inpres 2 Mepanga melalui metode diskusi. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggar,yitu model spiral dalam model spiral ini terdiri dari beberapa siklus dan dari setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observe), serta refleksi (reflect). Hasil penelitian ini merujuk pada Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembeljaaran PKN Menggunakan Metode Diskusi Dikelas V SD Inpres 2 Mepanga. Hal ini berdasarkan hasil belajar siswa siklus I di atas dapat digambarkan skor tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 90 yang diperoleh 4 orang. Sedangkan nilai terendah adalah 40 yang diperoleh 3 orang siswa. Selanjutnya dari 32 siswa hanya 20 orang yang tuntas dengan demikian persentase ketuntasan belajar klasikal 62,50%. Kemudian dilanjutkan siklus II, berdasarkan hasil belajar siswa siklus II diperoleh hasil dari 32 siswa, yang tuntas sebanyak 30 orang siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa. Dengan demikian paparan hasil yang menunjukkan pada presentasi ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,75?n daya serap sebesar 89,06%. Maka berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pada siklus I Presentase ketuntasan belum mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal yang ditetapkan di sekolah yaitu minimal 80%, sedangkan persentase daya serap klasikal yaitu 65,94% peerolehan ini juga belum mencapai standar yang ditetapkan yaitu minimal 70%. Dan pada siklus II hasil yang menunjukkan pada presentasi ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,75?n daya serap sebesar 89,06%. Dengan demikian hasil evaluasi yang dilakukan pada siklus II dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Mepanga melalui metode diskusi sudah mencapai target yang ditentukan yakni 70?ri skor ideal dan ketuntasan klasikal 80%. Dikatakan tuntas belajar apabila daya serap siswa diatas 70?n ketuntasan klasikal sudah mencapai 80% atau lebih. Apabila perolehan dibawah 70% ketuntasan klasikal tidak mencapai 80%, maka siswa-siswa tersebut dinyatakan tidak tuntas. Kata Kunci : Metode Diskusi, Hasil Belajar |