Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 19 SIRENJA DI MASA PANDEMI COVID-19
Nama: SATRIO
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Satrio (2021), Analisis Pembelajaran IPS Kelas V SDN 19 SIRENJA di Masa Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Tadulako, pembimbing oleh Dr. Nashrullah, S.Pd.I.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran IPS di Kelas V SDN 19 SIRENJA di Masa Pandemi Covid-19. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Tanpa mengetahui teknik pengumpulan data, maka peneliti tidak akan mendapatkan data yang memenuhi standar data yang ditetapkan, agar tidak terjadi kesalahan atau kerancuan didalam penyususnan hasil penelitian ini. Analisis data kualitatif merupakan upaya yang berlanjut, berulang dan menerus. Masalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan rangkaian kegiatan analisis yang saling susul menyusul. Hasil penelitian ini merujuk pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran online dan offline selama masa pandemi dapat disimpulkan berjalan dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil angket siswa dalam pembelajaran IPS di SDN 19 SIRENJA dari total 20 responden siswa yang dapat dilihat dari persentase jawaban Sangat Setuju sebesar 46%, sedangkan 39% menjawab Setuju, 7,5% menjawab Ragu-ragu, 3,25% menjawab Tidak Setuju dan 4,25% menjawab Sangat Tidak Setuju, Total pembelajaran efektif adalah 83,85%. Maka berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan dari berbagai alternatif indikator yang ada. Siswa le bih banyak memilih jawaban Sangat Setuju dan yang paling sedikit menjawab Sangat Tidak Setuju. Artinya pembelajaran di masa pandemi di SDN 19 Sirenja sudah berjalan dengan baik, seperti yang diharapkan semua orang. Kata Kunci : Pemberian Angket, Hasil Wawancara Guru Kelas V

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up