JudulEFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF SERTA RELEVANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 KAMONJI |
Nama: GABRIELA MOTOBU |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Gabriela Motobu (2022). Efektivitas Strategi Belajar aktif Serta Relevansi Terhadap prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd inpres 2 kamonji. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah siswa kelas IV di SD Inpres 2 Kamonji berminat bernyanyi lagu daerah Sulawesi Tengah dengan menggunakan media audio visual maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan minat siswa dalam bernyanyi lagu daerah Sulawesi Tengah dengan menggunakan media audio visual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Angket yang diberikan kepada siswa, akan memberikan gambaran tentang tingkat minat siswa terhadap lagu daerah dengan penggunaan media audio visual. Masing-masing siswa akan menjawab angket dengan 10 pertanyaan pada setiap indikator. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan informan, yaitu guru kelas IV SD Inpres 2 Kamonji, dapat diperoleh informasi bahwa guru selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil di depan kelas guna menyanyikan, mengemukakan atau melakukan sesuatu, hal ini dilakukan untuk membangkitkan minat belajar siswa untuk ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Data wawancara guru dan siswi berkaitan dengan adanya proses pembelajaran praktik. Mendapatkan keterangan bahwa setiap siswa-siswi mempunyai sifat dan keinginan yang berbedabeda. Berdasarkan penjelasan hasil penelitian tersebut, maka dapat dambil kesimpulan bahwa minat siswa dalam menyanyikan lagu daerah melalui penggunaan media audio visual siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji memiliki minat yang tinggi. Saran yang pertama bagi sekolah, metode pembelajaran menggunakan audiovisual sangat membantu bagi siswa, maka dari itu sebaiknya menambah fasilitas yang memadai seperti LCD proyektor yang lebih bagus dan mengganti LCD proyektor yang rusak, karena ada beberapa kelas yang LCD proyektor untuk pembelajaran rusak. Kata Kunci : Efektivitas Strategi Belajar Aktif Serta Relevansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 2 Kamonji |