JudulPENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TEMA 3 SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN KOFALAGADI |
Nama: EVI EFRIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTARK Evi Efriani 2022. Pengembangan media audio visual Pada pembelajaran di masa pandemi covid-19 tema 3 subtema 1 di kelas V SDN Kofalagadi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan. media audio visual Pada pembelajaran di masa pandemi covid-19 tema 3 subtema 1 di kelas V SDN Kofalagadi Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap. Adapun prosedur pengembangan Media pembelajaran video ini hanya menggunakan 4 tahap yaitu: 1) Analisis; 2) Desain; 3) Pengembangan; 4) Implementasi. Data di peroleh dari SDN Kofalagadi. Validasi produk berdasarkan 3 pakar aspek yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata untuk seluruh indikator yaitu 4,75 dengan klasifikasi “sangat baik”, hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata untuk seluruh indikator yaitu 4,13 dengan klasifikasi “Sangat baik”, dan hasil validasi ahli bahasa diperoleh ratarata untuk seluruh indikator yaitu 4,2 dengan klasifikasi “baik”, hal ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran video yang dikembangkan layak digunakan. Adapun uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan untuk menguji keefektifan media pembelajaran video digunakan angket untuk melihat respon siswa dan guru. Hasil uji perorangan pada siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,13 dengan klasifikasi yang dicapai yaitu “ “Baik”, uji kelompok kecil pada siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,52 dengan klasifikasi yang di capai yaitu “Sangat baik “ dan uji lapangan pada siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,77 dengan klasifikasi yang dicapai yaitu “Sangat baik” pada guru di peroleh nilai rata-rata 4.80 dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi uji coba perorangan, kelompok kecil, uji lapangan dan guru dapat diketahui bahwa media pembelajaran video yang telah dikembangkan layak dan efektif di jadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran tema 3 subtema 1 di kelas V SD. Kata kunci: Pengembangan, video pembelajaran, audio visual, tematik |