JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VI SUAL TERHADAP HAS IL BELAJAR S I SWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN TONDO |
Nama: TOMI MARDIANIS KAIMBU |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Tomi Mardianis Kaimbu, (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tondo. Hasil penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tondo?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tondo. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian true experiments jenis Pretest-posttes control group design . Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tondo berjumlah 80 siswa terdiri dari 40 siswa kelas IVA dan 40 siswa kelas IVB. Sampel yang diambil oleh peneliti dari populasi berjumlah 28 siswa terdiri dari kelas IVA 14 siswa dan kelas IVB juga 14 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda, analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampeles t tests berbantuan program SPSS Statistics versi 25. Dalam proses pengolahan data untuk mengetahui kedua kelas mempunyai kemampuan yang sama dapat dilihat dari data tes awal (Pretest) skor rata– rata (mean) siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol yaitu 39,29 dan dalam proses pengolahan data tes akhir (Posttest) nilai rata-rata kelas eksperimen 83,50 dan kelas kontrol 67,28. Pada analisis uji t didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Karena nilai signifikansi (2-tailed) < ? (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan HA diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tondo. Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn. |