JudulANALISIS KEKERASAN SIMBOLIK DALAM PERSPEKTIF HABITUS DAN MODAL PADA ARENA PENDIDIKAN DI SDN 11 PALU |
Nama: MEGAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Megawati, 2022. Analisis Kekerasan Simbolik dalam Perspektif Habitus dan Modal dalam Arena Pendidikan di Sdn 11 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja kekerasan simbolik dalam perspektif habitus pada arena pendidikan di SDN 11 Palu dan bagaimana kekerasan simbolik dalam perspektif modal pada arena pendidikan di SDN 11 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekerasan simbolik dalam perspektif habitus dan modal dalam arena pendidikan di SDN 11 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara guru, siswa, dan orang tua siswa serta dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan Data reduksi (Data Reduction) penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (Conslusion Drawing Verification. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkapkan bagamana kekerasan simbolik itu terjadi bahwa siswa di sekolah di perintahkan mematuhi tata tertib peraturan-peraturan yang berlaku, guru memberikan perbandingan antara siswa ekonomi bawah dengan siswa ekonomi tinggi sehingga terjadi hak-hak istimewa. Orangtua cenderung memberikan hukuman kepada sang anak dan perkelahian antar siswa salah satunya dengan pemberian julukan nama (labeling). Jadi dapat di simpulkan bahwa kekerasan simbolik itu sering terjadi tanpa di sadari. Kekerasan simbolik dalam arena pendidikan yang dirasakan siswa lebih bersifat menyinggung dan bersifat memaksa. Kata Kunci : Kekerasan Simbolik Habitus dan Modal |