JudulPERAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 19 SIRENJA |
Nama: ARDIANSYAH A. MUSA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ardiansyah A. Musa. (2022) Peran Oran Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V Sdn 19 Sirenja. Skripsi, program studi Pendidikan Guru sekolah dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr.Nashrullah, S.Pd.I., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 19 Sirenja. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Tanpa mengetahui teknik pengumpulan data, maka peneliti tidak akan mendapatkan data yang memenuhi standar data yang ditetapkan, agar tidak terjadi kesalahan atau kerancuan didalam penyususnan hasil penelitian ini. Analisis data kualitatif merupakan upaya yang berlanjut, berulang dan menerus. Masalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan rangkaian kegiatan analisis yang saling susul menyusul. Hasil penelitian ini merujuk pada Peran Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 19 Sirenja dapat disimpulkan berjalan dengan cukup baik. Hal ini berdasarkan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa orang tua sudah menjalankan peranannya sebagai pembimbing seperti membantu anak dalam menyelesaikan masalah, memberikan hadiah dalam bentuk benda dan pujian, serta menyediakan fasilitas yang dapat menunjang proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran orang tua terhadap minat belajar siswa di masa pandemi di SDN 19 Sirenja sudah berjalan dengan cukup baik, seperti yang diharapkan semua orang. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Minat Belajar |