JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SD INPRES 5 LOLU |
Nama: SANDY HIDAYAT |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui pembelajaran berbasis masalah di kelas V SD Inpres 5 Lolu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas V yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model kemis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dikelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 57,89?n daya serap klasikal 64,21?n hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 100?n daya serap klasikal mencapai 88,42%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 65?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikelas V SD Inpres 5 Lolu. Kata Kunci : Haasil Belajar, PKn, Pembelajaran Berbasis Masalah |