JudulANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROYEK KELAS V DI SDN 9 SINDUE TOMBUSABORA |
Nama: NURDAYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurdayanti, 2022. Analisis Penerapan Metode Membelajaran Proyek Kelas V di SDN 9 Sindue Tombusabora. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal , S.Ag., M.pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran proyek kelas V di SDN 9 Sindue Tombusabora. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di SDN 9 Sindue Tombusabora dengan sampel siswa kelas V yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu Observasi,angket dan wawancara. Hasil penelitian ini, yaitu dengan menggunakan lembar observasi penerapan metode pambelajaran proyek pada guru dengan jumlah presentase sebanyak 96% termasuk dalam kategori sangat baik dan lembar angket pada siswa dalam penerapan metode pembelajaran proyek dengan jumlah presentasi tertinggi dengan menjawab sangat baik 52,6% termasuk dalam kategori c. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran proyek yang dijalankan di SDN 9 Sindue Tombusabora sudah tergolong baik sehingga dapat disimpulkan pembelajaran yang digunakan guru dalam metode pembelajaran proyek sudah efektif. Kata Kunci : Penerapan, Metode Pembelajaran Proyek, Guru, dan Siswa |