Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PELAWA
Nama: WIDYA NINGSI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Widya Ningsi (2022). Penggunaan Peta Konsep dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Muhammadiyah Pelawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Muhammadiyah Pelawa? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan peta konsep di kelas V SD Muhammadiyah Pelawa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pelawa, melibatkan 20 orang siswa terdiri atas 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 60?n daya serap klasikal siswa 64,17%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal siswa 81,5%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Muhammadiyah Pelawa. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Peta Konsep

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up