Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn Kelas V SDN 19 Sirenja
Nama: ARIEF RAHMAN LAPOHEA
Tahun: 2025
Abstrak
Arief Rahman Lapohea (2024), Judul Penelitian “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn Kelas V SDN 19 Sirenja”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Supervisor Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu apa kesulitan belajar PPKn siswa kelas V SDN 19 Sirenja? dan apa cara mengatasi kesulitan belajar PPKn siswa kelas V SDN 19 Sirenja?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesulitan belajar PPKn kelas V SDN 19 Sirenja serta mengetahui cara mengatasi kesulitan belajar PPKn kelas V SDN 19 Sirenja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan faktor kesulitan belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Hasil dari penelitian ini diketahui gambaran kesulitan belajar siswa yang diteliti sebahagian besar adalah sulit memahami materi, sulit memahami media pembelajaran, konsentrasi kurang, perhatian dalam belajar kurang, lamban saat memproses materi pembelajaran, sulit memahami kalimat, intonasi kurang jelas, hasil belajar rendah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up