JudulPENERAPAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES BINANGGA |
Nama: SAKIRAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sakiran (2022). Penerapan Bermain Peran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Binangga. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Inpres Binangga, melibatkan 18 orang siswa terdiri atas 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 27,27?n daya serap klasikal 61,67%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 36,36?n daya serap klasikal 60% sedangkan pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 81,11%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SD Inpres Binangga. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS |