JudulPENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 13 BANAWA |
Nama: FADLIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Fadlia (2022). Penerapan Metode Role Playing untuk peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 13 Banawa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi. Penelitian ini bertujuan agar anak lebih bersemangat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) karena masalah yang dijumpai rendahnya hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 13 Banawa untuk itu peneliti menggunakan metode Role Playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari semangat siswa untuk belajar hal ini dapat dilihat dari hasil belajar ulangan harian sebelum remedial dengan nilai rata-rata siswa yaitu 66.66 dan memiliki ketuntasan sebesar 73.33% (n=9) dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 72 dengan ketuntasan belajar 78% (n=10) dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi80.66 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 82.14% (n=14). peningkatan hasil belajar siswa sangat baik untuk metode Role Playing. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Metode Role Playing |