JudulPengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SDN 1 Marantale |
Nama: NURHALIZA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nurhaliza, (2021). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SDN 1 Marantale. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN 1 Marantale dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 1 Marantale. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Marantale yaitu 33 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rubrik penilaian kreativitas, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t (t test). Hasil perhitungan thitung = 6,38 lebih besar dari ttabel = 1,69. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh metode eksperimen pada mata pelajaran IPS terhadap kreativitas belajar siswa SDN 1 Marantale “diterima”. Dari hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa metode eksperimen pada mata pelajaran IPS berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa SDN 1 Marantale. Kata Kunci : Metode eksperimen, Pembelajaran IPS, Tes Kreativitas Belajar |