JudulAnalisis Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pada Pembelajaran Tematik Di SDN 19 Dampelas |
Nama: TASYA MAHARANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran disekolah. Tanpa adanya media pembelajaran maka pelaksanaan kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik di SDN 19 Dampelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan 6 guru kelas. Penelitian ini menggunakan tiga Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran sudah cukup baik, guru merancang dan membuat sendiri media pembelajaran dan juga memanfaatkan media pembelajaran yang sudah ada dilingkungan sekolah. Media pembelajaran yang digunakan guru berupa media elektronik (Infokus), media gambar, dan benda kongret yang berada dilingkungan sekolah. Namun, masih ada beberapa guru yang tidak menggunakan media pembelajaran. hal ini dikarenakan guru yang masih kurang memahami penggunaan media pembelajaran, sulit untuk menyesuaikan media dengan materi pembelajaran, dan memiliki keterbatasan waktu. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik di SDN 19 Dampelas sudah cukup baik. Kata kunci : Kemampuan guru, Media pembelajaran, Pembelajaran tematik |