JudulPENGARUH PEMBELAJARAN LURING BERBANTUAN MODUL PRAKTIKUM SERLI PADA MATERI MAGNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 BINANGGA |
Nama: ANNISA NUR DIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran luring berbantuan modul praktikum serli pada materi magnet terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Binangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Countrol Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri 1 Binangga yang berjumlah 23 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 12 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 11 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan soal pilihan ganda, dan Analisa data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0.000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya modul praktikum serli berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh saat menggunakan pembelajaran luring berbantuan modul praktikum serli pada materi magnet terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Binangga. |