JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 5 LABUAN |
Nama: EGA TRISNAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ega Trisnawati, (2024). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Labuan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan Desain Nonequivalent Countrol Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 5 Labuan yang berjumlah 22 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 11 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk mengukur motivasi belajar IPA siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test berbantuan program SPSS statistic versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya media video pembelajaran berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh saat menggunakan media video pembelajaran terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN 5 Labuan. Kata Kunci: Penggunaan Media Video, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPA |