JudulPengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Karya Thayyibah Mamboro |
Nama: SARITA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sarita, (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA Kelas IV SD Karya Thayyibah Mamboro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA Kelas IV SD Karya Thayyibah Mamboro. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan Desain Nonequivalent Countrol Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Karya Thayyibah Mamboro yang berjumlah 22 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 0rang dan siswa kelas kontrol berjumlah 11 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta pengujian uji hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test berbantuan program SPSS statistic versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Artinya model pembelajaran kontekstual berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh saat menggunakan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa IPA kelas IV SD Karya Thayyibah Mamboro. Kata kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA |