JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SBdP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DIKELAS IV SDN 4 BALAESANG TANJUNG |
Nama: CITA FITRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Cita Fitriani, 2023. Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran SBdP dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Di Kelas IV SDN 4 Balaesang Tanjung. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP dengan menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dikelas IV SDN 4 Balaesang Tanjung. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta rubrik penilaian kreativitas siswa. Jenis penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan data observasi dan hasil kinerja siswa peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV dengan materi teknik membuat kolase di SDN 4 Balaesang Tanjung. Terbukti dengan hasil perolehan nilai akhir siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu pada siklus I yaitu 69 dan untuk siklus II yaitu 83,13. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 53,33?n siklus II 100%. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL). Kreativita. Pembelajaran SBdP |