JudulPENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBANTUKAN MODUL PRAKTIKUM DISCON PADA MATERI BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: SHOFIYAH WIDDAYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Shofiyah Widdayanti, 2021. Pengaruh pembelajaran daring berbantukan modul praktikum Discon pada materi bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah,S.Si.,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbantukan modul praktikum Discon pada materi bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi expserimental dengan Quasi expserimental design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 52 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 26 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan soal pilihan ganda, dan analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics for windows 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya modul praktikum Discon berpengaruh untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh pembelajaran daring berbantukan modul pratikum Discon pada materi Bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Kata kunci : Pembelajaran daring, Modul praktikum Discon, Materi Bunyi, Tehadap hasil belajar siswa |