Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProblematika Pembelajaran Tematik SD Kelas Rendah Dimasa Pandemi Covid -19 Di Kecamatan Lage Kabupaten Poso.
Nama: KRISTIN MILLENTOWE MADI
Tahun: 2022
Abstrak
KRISTIN MILLENTOWE MADI, 2022. Problematika Pembelajaran Tematik SD Kelas Rendah Di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Lage Kabupaten Poso. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Supriyatman. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dan bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi Problematika Pembelajaran Tematik SD Kelas Rendah di Masa Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Subyek pada penelitian ini yaitu Siswa kelas rendah SDN Tagolu yang berjumlah 53 orang dan SDN Pandiri yang berjumlah 75 orang, pada penelitian ini peneliti menarik sampel dengan menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif sebagai pendukungnya. Data kualitatif yaitu data yang sifatnya deskriptif, keterangan maupun informasi berupa angka. Dan data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka dalam angket. Dari hasil penelitian ini diperoleh macam-macam problematika pembelajaran tematik SD kelas rendah di masa pandemic covid-19 (Corona Virus Disease 2019) yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Problematika yang terdapat dari faktor internal yaitu : sikap belajar siswa, motivasi belajar yang sangat rendah, serta kurangnya konsentrasi belajar siswa di masa pandemi. Adapun yang berasal dari faktor eksternal yaitu : sarana belajar di masa pandemic, faktor lingkungan, dan sulitnya layanan internet. Solusi yang diberikan oleh guru dan kepala sekolah untuk mengatasi problematika yang ada berupa bantuan kuota internet dari pemerintah,bagi siswa yang tidak memliki handphone diperintahakan untuk datang kerumah teman yang dekat untuk belajar bersama, memanfaatkan media internet dalam pembelajaran, kemudian solusi selanjutnya yang diberikan guru dilihat dari anak yang masih kurang diajar tersendiri, memberikan informasi secara langsung kepada orang tua yang tidak memiliki gadget atau akses internet yang buruk, guru berusaha untuk memperbanyak materi lewat fotocopy. Kata Kunci : Problematika,Pembelajaran Tematik, Pandemi Covid-19.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up