JudulKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 4 SD INPRES BINANGGA |
Nama: YASRI Z |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Binangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Binangga yang berjumlah 21 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 10 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa Tes Pilihan Ganda, dan Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,002 < 0,005 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Nobangan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. |