JudulEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PEMBAGIAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD INPRES 1 TANAMODINDI |
Nama: SARAH KURNIAWATI WANDENDA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pembagian bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Conntrol Group. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas Kontrol, dengan jumlah partisipan sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal. Tes yang dimaksud adalah pre-test (yang diberikan di awal sebelum perlakuan modul) dan post-test (yang diberikan sesudah perlakuan modul). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pembagian bilangan bulat efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi. Hal ini mendapat penguatan dari hasil uji-t yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS didapatkan signifikansi 0,03 < 0,05. Dengan demikian diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual materi pembagian bilangan bulat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi. |