JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS V SDN KABONENA |
Nama: ANNISA DWI AVIANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Annisa Dwi Avianti, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay dikelas V SDN Kabonena. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Rahman, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa V SDN Kabonena. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kabonena yang berjumlah 20 orang. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk untuk meningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Course Review Horay pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di SDN Kabonena. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengikuti alur penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, materi pada siklus I yaitu Sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia dan pada siklus II yaitu Sistem pencernaan pada manusia. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan analisis data tes hasil belajar. Pelaksanaan tes awal diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 25%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 40?n pada Siklus II sebesar 90%. Hasil aktivitas guru siklus I sebesar 68,88?n siklus II 91,11%. Hasil aktivitas siswa siklus I sebesar 62?n siklus II 88%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Kabonena. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Course Review Horay dan Hasil Belajar |