JudulEFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP NILAI KARAKTER KERJA KERAS PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BINANGGA |
Nama: RESA YUNIKA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Resa Yunika, 2021. Efektifitas Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili terhadap Nilai Karakter Kerja Keras pada Siswa Kelas IV SDN 1 Binangga. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili terhadap nilai karakter kerja keras pada siswa kelas IV SDN 1 Binangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Binangga yang berjumlah 39 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 19 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Paired sample T Test berbantuan program IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Nobangan efektif digunakan dalam meningkatkan nilai karakter kerja keras siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili efektif digunakan terhadap nilai karakter kerja keras pada siswa kelas IV SDN 1 Binangga. Kata kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Permainan Tradisional Suku Kaili, Nilai Karakter Kerja Keras |