JudulPengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting,Organizing Reflecting,Extending) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 23 Palu |
Nama: NURFADILLAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nurfadillah, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Core (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 23 PALU. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Imu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah, S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran core terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 23 PALU pada materi organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memilihara kesehatan organ pencernaan manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi exsperiment. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 23 PALU yang berjumlah 22 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 11 orang. Teknk pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes dan doumentasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Paired sample t test, diperoleh nilai signifikan 0,002 < 0,05 sehingga dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran core terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 23 Palu. Hasil tersebut menandakan menolak hipotesis Ho yaitu Tidak ada pengaruh model pembelajaran CORE terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 23 Palu. terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 23 Palu. Kata kunci: model pembelajaran core dan motivasi belajar |