JudulPERAN ORANG TUA DALAM AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI PADA KELAS V SDN 15 DAMPELAS |
Nama: DWI HIDAYANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Dwi Hidayana, 2022. Analisis Peran orang tua dalam aktivitas belajar anak di masa pandemi pada kelas V SDN 15 Dampelas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis atau mendeskripsikan peran orang tua dalam aktivitas belajar anak di masa pandemi pada kelas V SDN 15 Dampelas. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 15 Dampelas Desa Lembah Mukti, Kec. Dampelas, Kab. Donggala Prov. Sulawesi Tengah pada Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang tua siswa pada kelas V. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa rata-rata jawaban responden tentang peran orang tua dalam aktivitas belajar anak di masa pandemi pada kelas V SDN 15 Dampelas yaitu 22% selalu, 32% sering, 39,2% kadang-kadang dan 6,8% tidak pernah. Dari hasil ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa peran orang tua dalam aktivitas belajar anak di masa pandemi pada kelas V SDN 15 Dampelas saat ini masuk dalam kategori kadang-kadang dengan presentase 39,2%. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Aktivitas Belajar |