JudulHubungan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres 1 Talise |
Nama: YOSAR ALI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Yosar, 2022. Hubungan Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Inpres 1 Talise. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Unifersitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nasrullah, S.Pd.I., M.Pd. Permasalahan pokok penelitian adalah masih rendahnya tingkat penguasaan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres 1 Talise. Pengumpulan datanya menggunkan angket dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen yang dgunakan dalam proses penelitian ini adalah angket untuk memproleh data tentang kompetensi profesional guru. Analisis data penelitian dengan tekni persentase sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 5?ngan taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil pengolahan telah diperoleh 11 siswa atau 44% menyatakan kompetensi profesional guru sangat tinggi, 13 siswa atau 52% yang menyatakan kompetensi profesonal guru tinggi dan 1 siswa atau 4% yang menyatakan kompetensi profesional guru cukup. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada nilai rata-rata ulangan harian siswa yaitu terdapat 16 siswa atau 64% yang hasil belajarnya mendapatkan kriteria baik sekali dan 9 siswa atau 36% yang hasil belajarnya mendapatkan kriteria baik. pengujian hipotesis menunjukan bahwa r hitung > r tabel atau 1,028 > 0,396. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres 1 Talise. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Siswa. |