Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DI DUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KABONENA
Nama: LALA ZAENONG
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Lala Zaenong, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Di Dukung Media Video Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN Kabonena. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Rahman,S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pegaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divison (STAD) di dukung media video terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kabonena. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Kabonena yang berjumlah 42 orang, terdiri dari kelas VA dan kelas VB. Siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 21 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda, Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test berbantuan program SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di dukung media video berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kabonena Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Video, Hasil Belajar IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up