JudulEFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD INPRES BINANGGA |
Nama: ATIRA PERMATA DELIMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Atira Permata Delima, 2021. Efektifitas Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Kelas VI SD Inpres Binangga. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah,S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili terhadap minat belajar pada siswa kelas VI SD Inpres Binangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Inpres Binangga yang berjumlah 17 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 9 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 8 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test berbantuan program SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,004 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Nobangan efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili efektif digunakan terhadap minat belajar pada siswa kelas VI SD Inpres Binangga. Kata kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Permainan Tradisional Suku Kaili, Minat Belajar |