JudulANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SD INPRES 1 TOBOLI |
Nama: SRI AYU ASTUTI NINGSIH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Efektivitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas V Sd Inpres 1 Toboli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sd Inpres 1 Toboli dengan jumlah total 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan oleh peneliti, maka disimpulkan bahwa penelitian ini adalah penelitian studi analisis dimana peneliti ingin melihat bagaimana guru dan siswa memanfaatkan pembelajaran daring selama masa pandemi di kelas V SD Inpres 1 Toboli. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan memberikan 30 butir pertanyaan angket kepada siswa kelas V SD Inpres 1 Toboli. Hasil yang diperoleh dari masing-masing pertanyaan angket berbeda beda guru tidak selalu melakukan pembelajaran daring pada setiap hari dengan presentase 83.33% menjawab sering, dan dengan presentase 16.67% menyatakan jarang. Pada awal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring, guru selalu menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa dengan presentase 75% menjawab selalu, dan terdapat 6 orang dengan presentase 25% menjawab selalu bahwa pada awal KBM secara daring guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa. Kegiatan belajar mengajar secara daring ini menuntut guru lebih memanfaatkan internet yang tersedia, ini dapat dilihat dari guru yang menggunakan media dari internet pada saat waktu KBM berlangsung. Hal ini berdasarkan analisis dari 24 siswa, 17 orang dengan persentase 70.83% menjawab sering, dan 7 orang dengan persentase 29.17% menjawab sering bahwa pada waktu KBM berlangsung guru menggunakan media dari internet. |